Maluku Utara Akhirnya Ekspor Langsung di Dua Negara

Maluku Utara Akhirnya Ekspor Langsung di Dua Negara

44
0
BERBAGI
kadis DKP Malut Buyung Rajiloen


Malut, (M.Sindoraya) Meski di sibukan dengan adanya kegiatan Widi International Fishing Tournament WIFT yang di helat pada 25 Oktober, pemerintah Provinsi Maluku Utara juga akan melakukan ekspor ikan di dua negara. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Buyung Rajilloen kepada awak media Minggu (22/10/2017).

Menurutnya, sejak 17 tahun Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Pemprov Malut) belum pernah melakukan ekspor langsung produk ikan ke luar negeri , namun di tahun 2017 ini melalui Dinas Perikan berhasil melakukan ekspor langsung dengan produk perdana ikan Kayu dan produk ikan Tuna Saku, ke dua negara yakni Negara Jepang dan Negara Amerika Serikat.

“Ekspor produk ini merupakan ekspor perdana langsung dari Provinsi Maluku Utara ke Negara Jepang dan Negara Amerika Serikat”.

“Setelah Era Reformasi, baru pertama kali ini pemerintah Provinsi maluku Utara melakukan ekspor langsung produk hasil perikanan maluku Maluku Utara, karena selama ini dari tahun 2000 Maluku Utara tidak pernah melakukan ekspor langsung” Tutur Buyung

Pelaksanaan ekspor langsung ini kerja sama dari Bank Indonesia, Bea dan Cukai Ternate, Maluku Utara serta Karantina Ikan. Ekspor langsung ini menunjukan Maluku Utara sudah ada kemajuan, untuk itu kontribusi pajak ekspor langsung ini bisa dinikmati oleh daerah karena selama ini ekspor produk selalu dari jawa Timur dan daerah lainnya.

Ekspor produk langsung ini berupa, Ekspor ikan kayu sebanyak 10 Ton, dengan negara tujuan yaitu Negara Jepang atau Negeri Sakura, sesuai dokumen yang sudah diterbitkan oleh Bea Cukai.

Rencana pemuatan ekspor nanti pada tanggal 24 sampai 26 Oktober dengan unit pelayanan CV Markindo Raya, kemudian pada tanggal 26 Oktober juga ada ekspor langsung oleh PT. Sanana Pelangi Nusantara dengan jenis Ikan Tuna Saku sebnya 18 Ton dengan negara tujuan Amerika Serikat, (ces)

LEAVE A REPLY