Pipa Bocor, Alasan Tahunan Sulitnya Air PDAM

Pipa Bocor, Alasan Tahunan Sulitnya Air PDAM

312
0
BERBAGI

 

Lamongan (M. Sindoraya) – Sebagian warga di Kabupaten Lamongan keluhkan untuk mendapatkan air bersih dari PDAM. Hal itu terutama dirasakan oleh sebagian besar warga di wilayah kota Lamongan, seperti diantaranya di kelurahan Tlogoanyar dan kelurahan Jetis. Bahkan warga harus rela begadang tiap malam demi menunggu keluarnya air dari sambungan air PDAM yang terpasang di tiap-tiap rumah mereka.

Menurut seorang warga, hal ini hampir terjadi di tiap tahun. Tidak melihat musim penghujan ataupun musim kemarau. “Memang dari dulu Lamongan paling sulit air bersih. Kesulitan seperti ini setiap tahun pasti ada. Padahal kami juga bayar tiap bulan,” ungkap Yanto, seorang warga. Minggu (22/10).

Lebih lanjut dikatakan Yanto, “Warga harus rela begadang tiap malam demi mencari air bersih. Apakah PDAM gak punya solusi. Alasannya pasti pipa bocor terus. Kalau gak pingin bocor, ganti dengan kwalitas pipa yang lebih bagus,” tandasnya.

Sementara itu, dijelaskan oleh salah satu staf PDAM, Susmito, saat berkomentar di akun facebook suara Lamongan mengatakan.

“Sebetulnya air yang wilayah belahan barat tidak masalah, air tetap keluar. Tetapi wilayah timur itu yang masih belum keluar akibat dari penggalian pendistribusian yang dulu perpipaan menuju adipura tidak bocor. Setelah adanya kebocoran pipa dibawah rel kereta api pengaliran air dilewatkan wilayah barat jalan Pahlawan langsung ke wilayah selatan, jadi sekarang air yang menuju ke kota sementara di alirkan dari wilayah selatan. Air sudah bergerak ke wilayah tinggal menunggu proses pengaliran saja,” terangnya. Sabtu (21/10).

Dia juga menjelaskan jika pihaknya saat ini sedang melakukan upaya perbaikan, “Jajaran sedang mengupayahkan air secepatnya kembali lancar,” imbuhnya

Di Kabupaten Lamongan, hal ini merupakan kendala tahunan. Seperti halnya yang terlihat yakni di perumahan Graha Indah Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung, air PDAM mengalir hanya sekali dalam tiga hari.

Selain itu di perumahan Made, air lancar tapi bewarna kekuning-kuningan. Padahal bantuan bantuan air bersih seperti hibah Australia dan bantuan hibah dari APBN setiap tahun dikucurkan. PDAM seolah tidak punya solusi dalam pelayanan air bersih kepada warga. (Vit)

LEAVE A REPLY