AHP : Makna Sumpah Pemuda, Semangat Bersatu Sebagai Bangsa Indonesia

AHP : Makna Sumpah Pemuda, Semangat Bersatu Sebagai Bangsa Indonesia

176
0
BERBAGI
NTT (M.Sindoraya) РAndreas Hugo Parera yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menggatakan, Hari Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober, memberi makna mendalam. Menurut dia, makna pentingnya Hari Sumpah Pemuda  yakni semangat bersatu sebagai bangsa Indonesia.
Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kalau proklamasi 17 Agustus kita merayakan sebagai hari proklamasi lahirnya NKRI, Sumpah Pemuda 28 Oktober adalah hari lahirnya Indonesia sebagai satu Bangsa.
Lanjutnya, Kelahiran Indonesia didahului oleh kesadaran Pemuda Indonesia untuk menyatukan identitas-identitas kedaerahan dan identitas kesukuan dalam satu identitas kebangsaan yang namanya adalah Indonesia.
Dikatakan, Andres bahwa pemuda-pemuda Indonesia yang sebelumnya tergabung dalam Jong Java, Jong Sumatra, Jong Batavia, Celebes, Jong Ambon, Jong Timorese dan Jong lainnya mengikrarkan diri dalam Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia.
“Makna paling penting dari Sumpah Pemuda adalah semangat bersatu sebagai bangsa Indonesia. Peristiwa Sumpah Pemuda mewariskan kepada bangsa Indonesia, khususnya para pemuda kita, bahwa menjadi Indonesia adalah bukan sesuatu yang taken for granted, tetapi sebagai suatu peristiwa ¬†melalui perjuangan yang panjang di tengah bangsa ini masih dalam suasana kolonialisme” Terangnya , Sabtu (28/10/17) di.Maumere
Ia menggatakan, makna perjuangan inilah yg harus dipertahankan dan dikobarkan terus menerus sehingga bangsa ini, khususnya pemuda menyadari akan pentingnya persatuan sebagai modal dasar membangun bangsa dan Negara Kesatuan RI. (ang)

LEAVE A REPLY