Peringati Hari Jadinya Ke-47, Lanal Yogyakarta Gelar Karya Bhakti TNI AL di...

Peringati Hari Jadinya Ke-47, Lanal Yogyakarta Gelar Karya Bhakti TNI AL di Gunungkidul

40
0
BERBAGI
.

 

Yogyakarta (M.Sindoraya) – Dalam memperingati Hari Jadi ke-47, Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta menggelar karya bhakti TNI AL di dusun Gebang, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Kamis pagi (11/1).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., dalam karya bakti tersebut meresmikan digunakannya tandon air yang dibangun untuk masyatakat dusun.

Tandon air yang diresmikan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AL khususnya Lanal Yogyakarta kepada masyarakat sekitar, juga untuk memperingati hari ulang tahun Lanal Yogyakarta ke-47 tahun 2018 bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Gunungkidul.

Pelaksanaan karya bhakti yang diprakarsai oleh Lanal Yogyakarta tersebut diikuti oleh prajurit dan pegawai negeri sipil/PNS Lanal Yogyakarta, instansi pemerintah Desa  Girisuko serta warga masyarakat setempat.

Acara tersebut dihadiri sedikitnya 150 orang undangan, antara lain Asisten II Pemkab. Gunungkidul Asnan Latif, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0730/Gunungkidul Letkol Infanteri Taufik Hanif, S. Sos., Kapolres Gunungkidul AKBP Fuady, Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T., Camat Panggang Bp. A.G. Gunawan, S. Sos., M.M., Sekdes Girisuko Ibu Wahyu Setyaningsih, Danramil Panggang Kapten Inf Murjiyo, Pamakarsa Bp. Damanhuri, Perwira Staf, Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta serta warga masyarakat sekitar.

Mengawali acara, sambutan oleh Asisten II Pemkab Gunungkidul Asnan Latif yang mewakili Bupati Gunungkidul, Ibu Hj. Siti Badingah, S. Sos., antara lain menyampaikan Selamat Ulang Tahun ke-47 kepada Lanal Yogyakarta, semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Yogyakarta yang telah melaksanakan Karya Bhakti TNI Angkatan Laut di wilayah Girisuko, Gunungkidul.

Sedangkan Danlanal Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian karya bhakti TNI Angkatan Laut kali ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Lanal Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 18 Januari 2018.

Penyelenggaraan karya bhakti TNI Angkatan Laut merupakan wujud darma bakti dan kebersamaan TNI Angkatan Laut dengan komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Diharapkan dengan karya bhakti TNI Angkatan Laut ini sebagai aplikasi dan langkah efektif, wujud darma bakti TNI khususnya TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa saling memiliki antara komponen masyarakat sehingga dapat membantu meringankan kendala yang muncul di masyarakat berkaitan dengan masalah kebutuhan air bersih di wilayah ds. Gebang, Ds. Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul.

“Maksud dari kegiatan karya bhakti TNI Angkatan Laut ini juga bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, memotivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga masyarakat Kab. Gunungkidul untuk peduli dan bergotong royong dalam membangun serta menjaga kelestarian fasilitas umum baik berupa fasilitas jalan raya, fasilitas pemenuhan kebutuhan air bersih, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya,” pungkasnya.

Atas nama warga masyarakat, Sekretaris Desa Girisuko Ibu Wahyu Setyaningsih, atas nama warga Desa Girisuko menyampaikan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Yogyakarta yang telah melaksanakan Karya Bhakti TNI Angkatan Laut membantu merenovasi tandon air warga masyarakat Girisuko utamanya warga Dusun Gebang, karena dengan adanya tandon air ini masyarakat sudah tidak terkendala dengan permasalahan air bersih.

Acara diakhiri dengan peninjauan lokasi sumber air Sari Kembang dsn. Gebang, Ds. Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunung kidul, yang merupakan sumber air untuk kebutuhan hidup warga masyarakat Desa Girisuko dan sekitarnya. (penlant/nawi)

LEAVE A REPLY