Srikandi LMP Yakin Kurangi Peredaran Narkoba Dengan UMKM

Srikandi LMP Yakin Kurangi Peredaran Narkoba Dengan UMKM

40
0
BERBAGI
Rumiyati Ketua Srikandi Laskar Merah Putih Jatim (kanan), saat menyerahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan Untuk Anggotanya
.

Surabaya (M.Sindoraya) – Komunitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Timur berupaya ikut membantu menekan penggunaan narkoba lewat peningkatan kesejahteraan keluarga. Mereka yang tergabung dalam Srikandi Laskar Merah Putih (SLMP) Jatim itu menyediakan pelatihan berusaha bagi kalangan rumah tangga.

Menurut Ketua SLMP Jatim Rumiati, Surabaya menjadi prioritas karena kota ini menduduki peringkat tertinggi pengguna narkoba Jawa Timur. “Bila kesejahteraan keluarga meningkat, perhatian terhadap anggota keluarga bertambah. Otomatis mereka akan jauh dari narkoba,” ujarnya di Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Secara internal, komunitas beranggotakan lebih dari 1000 anggota yang didominasi perempuan itu terus berusaha memperbaiki diri. Salah satunya dengan melibatkan seluruh anggota dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Upaya itu dilakukan setelah salah satu anggotanya yang menjadi instruktur senam, mengalami kecelakaan saat hendak menjalankan tugas di Madura. Baru setelah kesejahteraan anggotanya terjamin, mereka bergerak membantu pihak luar.

Selama ini, kata dia, kendala UMKM terbentur pada urusan permodalan, promosi dan penjualan. “Soal permodalan tidak masalah karena kami sudah dipercaya sebuah bank BUMN untuk menyalurkan kredit tanpa agunan,” ujar Sekretaris SLMP Jatim, Yayuk Sri Wahyuningsih.

Mereka mengklaim, dukungan modal Rp 25 juta dengan bunga 9% pertahun yang ditawarkan itu sudah sangat mencukupi untuk membuka usaha baru. Tentu saja, mereka baru bisa mendapatkan modal setelah lolos survey dari pihak perbankan.

Para anggota ormas yang memiliki beragam bidang usaha ini juga siap membantu penjualan dan promosi para pelaku usaha baru. Mereka juga sudah menggandeng instansi terkait untuk memberi dukungan promosi.

Dalam rangka memperkenalkan lebih luas kepada khalayak, organisasi nirlaba ini akan menggelar deklarasi di Taman Bungkul Surabaya. Gelaran pada Minggu (4/2/2018) itu nantinya akan melibatkan lebih dari 1000 pelaku UMKM Bersinar (bersih dari narkoba) dan Komunitas Senam

Kegiatan untuk menggandeng masyarakat ini juga akan dimeriahkan dengan agenda senam bersama, lomba mewarnai hingga konsultasi kesehatan gratis. Ke depan mereka berharap semakin banyak anggota masyarakat yang terlibat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. (nawi)

LEAVE A REPLY