Koramil 0801/04 Tegalombo Atasi Akses jalan Yang Terhambat Akibat Tanah Longsor

Koramil 0801/04 Tegalombo Atasi Akses jalan Yang Terhambat Akibat Tanah Longsor

20
0
BERBAGI
.
 
 
TEGALOMBO (M.Sindoraya) – Setelah sempat mengalami bencana alam tanah longsor yang menghambat akses transportasi, pada Minggu (14/1/2018), jalur di di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo sudah normal kembali.
 
Sebelumnya, diketahui akses jalan tersebut mengalami hambatan akibat bencana alam tanah longsor yang terjadi di jalan perbatasan, tepatnya di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo pada Sabtu (13/1/2018) pukul 21.45 WIB.
 
Komandan Koramil 0801/04 Tegalombo Kapten Inf Hariyana dalam keterangannya Minggu pagi menuturkan bahwa setelah terjadi tanah longsor, pada Minggu (14/1/2018) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB satu unit alat berat ekskavator milik Dinas PUPR Pacitan tiba di lokasi kejadian dan langsung melaksanakan evakuasi pembersihan tanah longsoran yang menimbun badan jalan.
 
“Sekitar pukul 01.45 WIB, tanah longsoran yg menutupi badan jalan tersebut selesai di bersihkan,”katanya.
 
Dengan pembersihan tersebut, dia menuturukan bahwa akses jalur Jalan Raya Pacitan – Ponorogo di RT/RW 05/VII, Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo sudah Pacitan sudah normal dan dapat digunakan kembali.
 
“Kemudian, pada sekira pukul 02.00 WIB, Akses jalan di Jembatan Bailly ditutup kembali karena akses jalur jalan dikembalikan lagi ke akses jalan utama,”ungkapnya.
 
Sebelumnya, material tanah longsoran menutupi seluruh badan jalan yang menghubungkan jalur Pacitan dan Ponorogo di kawasan tersebut, sehingga akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.
 
Peristiwa tanah longsor tersebut berawal dari hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak sabtu pukul 18.35 WIB.“Hujan selama dua jam, sekitar pukul 21.45 WIB, tebing di Dusun Dondong Desa Gemaharjo Tegalombo mengalami longsor dengan lebar kurang lebih 20 meter dan panjang 20 meter,”katanya.(dim01/nawi)

LEAVE A REPLY