Nelayan Perahu Jukungan Muncar Mendukung Partai Perindo

Nelayan Perahu Jukungan Muncar Mendukung Partai Perindo

75
0
BERBAGI
.

 

Banyuwangi. ( media sindoraya.com ) – Tahapan verifikasi faktual yang dilaksanakan KPUD kabupaten Banyuwangi membawa keberuntungan bagi DPC partai Perindo kecamatan Muncar. Hal itu dinyatakan oleh Misiono sekretaris DPC Perindo kecamatan Muncar tatkala menyambangi beberapa nelayan perahu Jukungan di pelabuhan Muncar yang menyatakan siap menjadi anggota dan kader partai  Perindo. ( sabtu 13-01-2018 )

” Alhamdulillah. Saya merasakan sendiri harapan para nelayan Jukungan yang tanpa terduga menghubungi kami untuk menyatakan  siap menjadi anggota dan kader partai  Perindo.” ucap Misiono (sabtu 13-01-2018 )

Ungkapan Misiono tampak di amini oleh ketua DPC Perindo kecamatan Muncar Moch Ali Ridho yang juga turut hadir.

Misiono memaparkan jika dirinya dikontak salah seorang kader Perindo bernama Indra ( 49 ) bahwa ada sekelompok nelayan perahu jukungan yang ingin menjadi anggota partai Perindo. Dan meminta dirinya untuk datang ke Pelabuhan Muncar menemui mereka.

Pada saat disambangi di dermaga tambat labuh pelabuhan Muncar, nampak semangat dan antusias para nelayan Jukungan dengan memasang bendera partai Perindo di perahu mereka masing masing.

Ditempat dan waktu yang sama,  Sakirin ( 52 ) salah seorang nelayan perahu Jukung saat dikonfirmasi media mengatakan bahwa dia dan nelayan lainnya mengetahui partai Perindo dari televisi. Dan mereka sangat antusias agar dapat turut ambil bagian dari pelaksanaan program partai Perindo.

” Ya kan di televisi sering ada Perindo.  Dan kami sangat kenal mas Indra yang katanya sudah menjadi anggota partai. Lalu kami ngobrol dan menanyakan apakah ada program untuk nelayan kecil seperti kami di partai Perindo,” ungkap Sakirin.

” Mas Indra bilang bahwa tujuan partai Perindo adalah Kesejahteraan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Termasuk juga nantinya akan ada program untuk para nelayan. Maka dari itu kami bersedia menjadi anggota dan kader partai .” pungkasnya.

Selanjutnya Indra yang merupakan ketua DPRT Perindo di desa Tembokrejo kecamatan Muncar menambahkan bahwa salah satu persoalan nelayan perahu Jukung adalah seringnya mereka dijebak para rentenir yang meminjam uang modal operasional kepada mereka dengan bunga yang sangat tinggi.

” Ini fakta. Selain soal sulitnya mereka membeli premium untuk bahan bakar mesin perahu, ternyata banyak para nelayan Jukungan yang terjerat hutang ke rentenir.” kata Indra.

Lebih lanjut Indra mengatakan optimis jika partai Perindo bisa menjadi wadah untuk kesejahteraan para nelayan kecil di Indonesia.

” Ya, nanti kita akan berkoordinasi dengan struktural dari DPC, DPD dan DPP partai Perindo mengenai upaya mensejahterakan nelayan kecil di Muncar ini.” Harap Indra.

Perahu Jukung adalah satu jenis perahu nelayan di Muncar yang tetap eksis melaut hingga saat ini. Mesin yang digunakan adalah mesin tempel  yang berbahan bakar premium dan juga solar. Alat tangkap yang di gunakan adalah jaring senar/klitik, jaring gondrong, jaring jajag, jaring krakat, jaring setet , jaring belanak, pancing tonda, pancing garit, pancing ulur dan pan pancing prawe. ( R2R )

LEAVE A REPLY